RSS

Studi Qur’an

SILABUS

MATA KULIAH STUDI QUR’AN

Mata kuliah             : Studi Qur’an
Kode Mata kuliah         : –
Bobot                      : 2 sks
Semester                 : I
Dosen pengampu      : Hamam Burhanuddin, M.PdI

I.Diskripsi Mata Kuliah

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia dalam mengarahkan kehidupannya. Secara garis besar al-Qur’an mengandung ajaran tentang aqidah, syariah, dan akhlak. Untuk dapat mengenal, memahami, dan menafsirkan  al-Qur’an tidak hanya berbekal pengetahuan bahasa Arab, melainkan dibutuhkan berbagai macam ilmu guna untuk mengungkap makna yang terkandung dalam al-Qur’an. Maka disinilah, ulumul qur’an sebagai pisau bedah untuk membedah isi al Qur’an yang selalu dibaca dan ditafsirkan para pelaku disiplin ilmu menurut tingkat budaya dan wewenang doktrinal. Dengan Ulumul Qur’an bisa diketahui rambu-rambu bagi para pengkaji dan penyelidik al Quran berkenaan dengan status linguistik, histories, antropologis, teologis, filosofis dan sebagainya.

II.Tujuan

Membekali mahasiswa untuk mempunyai wawasan tentang teori, konsep, dan prinsip-prinsip dalam ulumul Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan al-Qur’an sehingga mereka dapat menalar suatu renesains intelektual dari kandungan al Qur’an

III.Pokok dan Sub Bahasan

1.Ulumul Qur’an sejarah dan perkembanganya
a.Pengertian objek, metode dan orientasi pijakan Ulumul Qur’an
b.Ruang lingkup pembahasan dan cabang-cabangnya
c.Ulumul Qur’an pada masa nabi, sahabat dan tabi’in
d.Ulumul Qur’an pada masa tabi’ al tabi’in sampai masa modern

2.Nuzulul Qur’an
a.Pengertian Nuzulul Qur’an
b.Tahap-tahap turunya al qur’an
c.Waktu turunnya al Qur’an dan periodesasi

3.Makki dan Madani
a.Pengertian Makki dan Madani
b.Tanda-tanda surat Makiyah dan Madaniyah
c.Macam-macam surat Makiyah dan Madaniyah serta dasarnya

4.Nasikh Wal Mansukh
a.Pengertian nasakh, nasikh dan manshuk
b.Persamaan dan perbedaan nasakh dan takhsis
c.Cara mengetahui adanya nasakh dan urgensinya
d.Pendapat ulama tentang nasakh serta hikmah-nya
e.Macam-macam nasakh dan jenis-jenisnya

5.Munasabah al Quran
a.Pengertian dan macam-macamnya
b.Sebab-sebab timbulnya ilmu munasabah
c.Metode memahami dan urgensi mempelajarinya
d.Kitab-kitab tentang munasabah

6.Fawatih al Suwari
a.Pengertian
b.Macam-macam dan hikmahnya
c.Perbedaan pendapat para ulama tentang fawatih suwari

7.I’jazil Qur’an
a.Pengertian
b.Segi-segi kemu’jizatan
c.Peranan mu’jizat
d.Tahapan dan kadar mu’jizat

8.Muhkam Dan Mutasyabihat
a.Pengertian Muhkam dan Mutasyabihat
b.Sebab adanya
c.Macam-macam dan urgensiya
d.Perbedaan pendapat para ulama

9.Qashshashil Qur’an
a.Pengertian
b.Macam-macam Qashshasil qur’an
c.Faedah qashshashil qur’an

10.Israiliyat
a.Pengertian Israiliyat
b.Israiliyat dalam tafsir
c.Macam-macam israiliyat
d.Pendapat ulama tentang Israiliyat

11.Qira’ah
a.Pengertian qira’ah dan sejarahnya
b.Syarat-syarat diterimanya qira’ah
c.Macam-macam qira’atil qur’an
d.Pendapat ulama tentang qira’ah serta faedahnya

12.Aqsamil Qur’an
a.Pengertian aqsamil qur’an dan rukun-rukunnya
b.Macam-macam aqsamil qur’an
c.Sighat-sighat aqsamil qur’an
d.Tujuan dan faedah qasam

Metode

  1. Pertemuan pertama metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dosen memberikan orientasi, motivasi dan aturan-aturan perkuliahan.
  2. Pertemuan kedua dan seterusnya, pendekatan yang digunakan adalah diskusi dengan menggunakan makalah, dosen membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik yang telah ditentukan dalam silabus.

Penilaian

  • Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan
  • Partisipasi aktif kegiatan dalam kelas                         15 %
  • Pembuatan tugas mandiri dan kelompok                     20 %
  • Ujian Mid Semester dan                                             30 %
  • Ujian Semester                                                         35 %

100 %

Daftar Referensi

Prof. Dr. Abdul Djalal, M.A, Ulumul Qur’an, Surabaya Dunia Ilmu, 1998.
Ramli Abd. Wahid, Ulumul Qur’an, 1994.
M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Ilmu-Ilmu Al-Qur’an: Media-Media Pokok Dalam Menafsirkan Al-Qur’an, 1993.
Manna Khalil al-Qattan, Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Bogor Pustaka Litera Antar Nusa, 2006.
Subsi al Shalih, Mabahis Fi Ulum al Qur’an, Dar al Ilm al Mlayin Beirut 1997.
Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, 1998.
Subhi as-Shalih, Membahas Ilmu-Ilmu al-Qur’an, 1999.
Jamaluddin as-Syuyuti, al-Itqan fi Ulumil Qur’an I, 1988.
Badruddin Muhammad bin Abdullah az-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulumil Qur’an I, 1988.
An-Naisaburi, Asbabun Nuzul, 1991.
Muhammad Abu Zahra, al-Mu’jizatul Qubra al-Qur’an, Darul Fikri, Araby, Cairo.
Abu Amer, Ad Dany, At-Tafsir Fil Qira’atil Sab’i, Ad Daula, Istambul tth.
Ahmad Hasymy, tt. Jawahirul Balaghoh.
Abd Qodir Al-Jurjany, Dalaailul I’jaz, Muktabatul Qahirah, Cairo.1980.
Al-Wahidy, Asbabun Nuzul, Babil Halabi, Cairo. 1968.
Fathi Ahmad, Wujuhul I’jaz fil Qur’an, Jumhuriyyah, Cairo, 1975.

Ngawi, 3 September 2013
Dosen Pengampu

Hamam Burhanuddin, M.PdI
NIY. 0 9 0 5 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: