RSS

Microteaching [PPL]

 

 

SILABUS MATA KULIAH PPL II

 

Mata Kuliah                : PPL (Microteaching)

Program Studi             : PAI

Kode Mata Kuliah      : –

Jumlah SKS                : 3

Semester                      : VI

Dosen Pengampu        : Hamam Burhanuddin, S.PdI

 

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah PPL (Micro Teaching) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Tarbiyah dan sebagai syarat PPL. Micro Teaching  adalah mata kuliah  yang harus dilatihkan dalam kelas secara sederhana, beberapa kali agar  mahasiswa terampil mengajar dalam kelompok kecil, diharapkan bila telah dianggap layak (standar), pada pembelajaran pada kelas besar dapat teratasi. Ketrampilan dan sikap sesuai dengan kompetensi guru yang telah di tentukan dalam Permindiknas No 16 tahun 2007. Dalam pengajaran kompetensi dapat di aplikasikan dalam real teaching. Sehingga mahasiswa dapat memiliki  empat kompetensi yang disyaratkan bagi guru bisa dicapai yaitu keompetnsi Paedagiek, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

 

Standar Kompetensi   : Mahasiswa dapat Agar mahasiswa cukup terlatih dalam beberapa keterampilan dasar keguruan, sehingga memiliki pengalaman lapangan memadai.serta dapat mendesain terampil mengajar dalam bentuk sederhana (Micro)

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Pengalaman Pembelajaran

Materi

Waktu

Alat/ Sumber/ Bahan

Penilaian

  1. Memahami kebijakan dan tahapan micro teaching secara konseptual

 

Setelah pembelajaran mahasiswa dapat:

* Mengurutkan

tahapan –tahapan

konseptual Micro

Teaching

 

  • Mengkaji konsep-konsep Micro Teaching

 

  • Model

Tahapan dan kebijakan Micro Teaching

 

1 x 75

 

  1. Winarso. S, 1979 Metode Interaktir dan Kelompok

2.   Dahlan, MD,

1 984 Model Mengajar Bandung, Diponegoro

Essay

2. Memahami

model-model

ketrampilan

mengajar

  1. Mendeskripsikan beberapa ketrampilan (8 model ketrampilan)
1. Mengkaji:model-model  ketrampilan mengajar

2.  Mengkaji ketrampilan

– Membuka

     – Penjajakan / Appersepsi

3. Berlatih dan mempraktekkan ketrampilan

– Menjanjikan

– Variasi Stimulasi

-Partisipasi Siswa

 

 

4. Berlatih Berkomunikasi dengan penggunaan verbal non verbal

– Mengaktifkan siswa

bertanya dalam pretes,

dialog/ proses postes

 

5-Berlatih Menggunakan Media Alat Peraga

– Menutup pelajaran

– Memberikan komentar / feed back dari observer

 

 

 

 

 

  1. Model model ketrampilan mengajar
  2. Ketrampilan

–    Membuka

–    Penjajakan

/Appersepsi

 

 

  1. Ketrampilan mengajar menjelaskan
  2. Variasi stimulasi

dalam partisipasi

/interaksi

 

 

 

  1. Ketrampilan verbal non verbal
  2. Apresiasi /merayakan.memotivasi

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Penggunaan / mendayagunakan media, alat peraga, metode yang tepat

2. Menutup pelajaran

3. Bahasa observasi/feedback

 

 

 

1 x 75

 

 

 

 

 

 

 

 

1 x 75

 

 

 

 

 

 

 

 

1 x 75

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 x 75

 

SDA

SDA

SDA

SDA

Essay

Essay

 

 

 

 

 

 

 

 

Essay

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Essay

3. Mendesain Silabi, RPP dan mempratekkan

Membuat konsep silabi, RPP dalam persiapan Micro Teaching

1. Mempraktekan mendesain mengajar Micro Teaching I (silabi RPP)

2. Praktek M T II

3. Praktek M T III

4. Praktek M T IV

5. Praktek M T V

6. Praktek M T VI

7. Praktek M T VII

8. Praktek M T VIII

9. Praktek M T IX

1. Silabi, RPP, Micro Teaching

 

 

 

2.Observer/menjadi

3.Praktekan

4. Praktekan

5. Praktekan

6. Praktekan

7. Praktekan

8. Praktekan

9. Praktekan

 

1 x 75

 

 

 

 

1 x 75

1 x 75

1 x 75

1 x 75

1 x 75

1 x 75

1 x 75

1 x 75

 

2.Contoh Silabi RPP, Puskus, Balitbang, Depdiknas

 

3.Winarno Surahmat, 1979 Metode Interaktif

 

  1. Porto Folio

Performence

 

 

Referensi

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum (Teori Dan Praktek), Jakarta, Gaya Media Pratama, 1999.

Hasibuan Ibrahim dan Toelie, Proses Belajar Mengajar, Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro, Bandung Rosda Karya, 1991

Muhammad ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru, 1991.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru 1991.

Cece Wijaya-Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru Dalam PBM, Bandung; Remaja Rosdakarya, 1991.

Nana sudjana-abmad rifa’I, Teknologi Pengajaran, Bandung Sinar Baru, 1997.

Debbi Potter, Quantum Teaching, Tazkia, 2009.

Hamam Burhanuddin, DIKTAT PPL [Microteaching], Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Islamiyah Karya Pembangunan, 2010

Ngawi, 14 Pebruari 2012

 

Dosen Pengampu

 

 

 

Hamam Burhanuddin, S.PdI

N I Y. 0 9 0 5 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: