RSS

Filsafat Pendidikan Islam

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

( S A P )

 

 

Mata kuliah                 : Filsafat Pendidikan Islam

Semester                      : IV

Fakultas                       : Tarbiyah

Jurusan                        : PAI

Dosen Pengampu        : Hamam Burhanuddin, S.Pd.I

 

 

Standar Kompetensi :             Mengetahui dan memahami permasalahan Filsafat Pendidikan Islam untuk memperoleh wawasan yang luas dan memiliki keterampilan berfikir mengenai pendidikan

Diskripsi Mata Kuliah :           Filsafat pendidikan Islam adalah mata kuliah keilmuan

yang memuat kajian pemikiran filosofis tentang hakikat pendidikan Islam dan mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan sejumlah pemikiran filosofis tentang hakikat pendidikan Islam, pemikiran hakekat manusia dan pemikiran hakekat unsur-unsur pendidikan Islam.

Urgensi mata kuliah :              Setelah mempelajari mata kuliah filsafat pendidikan Islam,

mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menghayati pemikiran filosofis tentang hakekat pendidikan Islam, hakekat manusia kaitannya dengan pendidikan Islam dan hakekat unsur-unsur pendidikan Islam serta mampu menganalisis dan memecahkan problematika filosofis pendidikan Islam yang berkembang dewasa ini.

 

No

Kompetensi dasar

Indikator

Materi pokok dan uraian

Pengalaman belajar

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber

1.

Mendefinisikan konsep-konsep pendidikan Islam dan dapat membedakan antara pendidikan umum dan pendidikan Islam (dalam perspektif filsafat pendidikan) –          Menjelaskan pengertian pendidikan dan pendidikan Islam

–          Menyebutkan ruang lingkup kajian ilmu pendidikan Islam

–          Menjelaskan alasan pentingnya mempelajari ilmu pendidikan Islam

–          Menunjukkan perbedaan dan persamaan antara pendidikan dan pendidikan Islam

Pengertian pendidikan, pengertian pendidikan Islam, persamaan dan perbedaannya. Apersepsi

Presentasi lisan

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis Rumayulis, IPI

Syahminan, Prinsip-prinsip pendidikan Islam.

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah wa Ta’lim.

Abudin Nata, FPI I.

Jalaluddin dan Usman Said, FPI.

2.

Kemampuan memahami dasar pendidikan Islam dan dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia –          Menyebutkan beberapa dasar pendidikan dan beberapa dasar pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

–          Memberikan contoh dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia

–          Membuat paparan tentang berbagai persamaan dan perbedaan dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia

Dasar-dasar pendidikan Islam :

–          dasar pendidikan Islam

–          dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia

Apersepsi

Presentasi lisan

Uraian singkat

 

90 menit

Kinerja tertulis

Rumayulis, IPI

Syahminan, Prinsip-prinsip pendidikan Islam.

Muhaimin, Pemikiran Pendidikan Islam,

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam

3

Kemampuan memahami sistem pendidikan Islam –          menjelaskan sistem pendidkan Islam

–          menjelaskan sistem pendidikan Islam di Indonesia

–          memberikan contoh sistem pendidikan Islam dalam konteks kehidupan nyata

Sistem pendidikan Islam

–          integrasi duniawi dan ukhrowi

–          masalah dan prospek sistem pendidikan Islam di Indonesia

Apersepsi

Presentasi lisan

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Mastuhu, Memperdayakan sistem pendidikan Islam,

Azyumardi azra, pendidikan Islam,

Jalaluddin, filsafat pendidikan Islam

4.

Kemampuan mengidentifikasi tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan Islam –          menjelaskan tujuan pendidikan dan menjelaskan tujuan pendidikan Islam

–          menjelaskan konsepsi tujuan pendidikan Islam yang terformulasi pada visi dan misi kelembagaan.

–          Memberikan contoh kongkrit hubungan antara tujuan, visi dan misi yang terkontruksi pada berbagai lembaga pendidikan Islam

Tujuan pendidikan Islam

–          macam-macam tujuan

–          tujuan pendidikan Islam

–          tujuan pendidikan Islam di Indonesia

Apersepsi

Presentasi  Lisan

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Rumayulis, IPI

Syahminan, Prinsip-prinsip pendidikan Islam.

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah wa Ta’lim.

Abudin Nata, FPI I.

Jalaluddin dan Usman Said, FPI.

5.

Kemampuan memahami pendidik dalam perspektif filsafat pendidikan Islam –          menjelaskan pengertian pendidik dalam pendidikan Islam

–          mempelajari konsep pendidik dalam pendidikan Islam

–          menjelaskan perbedaan dan persamaan antara murabbi, ustadz, muallim, guru, instruktur, pengajar, guru dll

–          memberikan contoh pendidikan dalam konteks kehidupan nyata

Pendidik dalam pendidikan Islam :

–          definisi pendidik dalam Pendidikan Islam

–          kedudukan pendidik

–          tugas pendidik dalam pendidikan Islam

–          kompetensi pendidik/profesionalisme guru

Apersepsi

Presentasi lisan

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Muhaminin, pemikiran pendidikan Islam,

Muhaimin, wacana pengembangan pendidikan Islam,

Ramayulis, IPI

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

6

Kemampuan memahami peserta didik dalam perspektif FPI –          menjelaskan pengertian peserta didik dalam pendidikan

–          menjelaskan konsep peserta didik dalam pendidikan Islam

–          menjelaskan perbedaan dan persamaan antara pesrta didik, anak didik, siswa, murid dll

–          memberikan contoh peserta didik sercara Islam dalam konteks kehidupan

Peserta didik dalam pendidikan Islam

–          hakikat peserta didik

–          kebutuhan peserta didik

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Muhaimin, wacana pengembangan pendidikan Islam,

Ramayulis, IPI

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

7

Kemampuan mengidentifikasi alat-alat pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan definisi alat pendidikan dan alat pendidikan Islam

–          menjelaskan konsep alat pendidikan Islam

–          memberikan contoh alat pendidikan Islam dalam kontek kehidupan nyata

Alat-alat dalam pendidikan Islam

–          tujuan penggunaan alat

–          alat yang tersedia

–          pendidikan dengan alat

–          alat dengan subjek pendidikan

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Syahminan, Prinsip-prinsip pendidikan Islam.

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah wa Ta’lim.

Abudin Nata, FPI I.

Jalaluddin dan Usman Said, FPI.

8

Kemampuan mengkontruksi kurikulum pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan definisi kurikulum Islam

–          menjelaskan konsep kurikulum Islam

–          memberikan contoh kurikulum pendidikan Islam dalam konteks kehidupan nyata

Kurikulum pendidikan Islam

–          pengertian kurikulum

–          cakupan dan asas

–          ciri kurikulum di PI

–          prinsip kurikulum PI

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam.

Muhamimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam

Muhaimin, Pemikiran pendidikan Islam,

Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam

9

Kemampuan memahami keanekaragaman pendekatan dan metode pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan pengertian pendekatan inovatif dan metode pendidikan Islam

–          menyebutkan keanekaragaman pendekatan dan metode pendidikan Islam

–          menjelaskan faktor-faktor penggunaan suatu pendekatan maupun metode pendidikan.

–          Menilai dan menentukan penggunaan metode pendidikan Islam dan memberikan contoh secara kongkret.

Pendekatan pembelajaran inovatif dan metode pendidikan Islam.

–          pengertian metode pendidikan Islam

–          fungsi metode

–          macam-macam metode

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam.

Muhamimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam

Muhaimin, Pemikiran pendidikan Islam,

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran agama Islam.

10

Kemampuan mendiskripsikan lingkungan pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan pengertian lingkungan pendidikan Islam

–          menyebutkan macam-macam lingkungan pendidikan Islam

–          memaparkan pengaruh globalisasi dalam lingkungan pendidikan

–          menganalisis ciri-ciri lingkungan pendidikan Islam

–          menjelaskan dampak positif dan negatif perubahan lingkungan pendidikan Islam.

Lingkungan pendidikan dalam pendidikan Islam

–          pengertian lingkungan pendidikan Islam

–          fungsi lingkungan pendidikan Islam

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam.

Muhamimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam

Muhaimin, Pemikiran pendidikan Islam

11

Kemampuan memahami evaluasi pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan pengertian evaluasi pendidikan Islam

–          menjelaskan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan Islam

–          menyebutkan jenis-jenis evaluasi pendidikan Islam

–          menganalisis prinsip-prinsip evaluasi pendidikan Islam

Evaluasi pendidikan dalam pendidikan Islam

–          pengertian dan kedudukan

–          fungsi dan prinsip

–          sasaran evaluasi

–          ciri dan prosedur evaluasi

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Jalaluddin, Filsafat pendidikan Islam.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam.

Muhamimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam

Muhaimin, Pemikiran pendidikan Islam

12

Kemampuan memahami tanggung jawab dan kelembagaan pendidikan dalam perspektif FPI –          menjelaskan pengertian tanggung jawab pendidikan menurut Islam

–          menjelaskan konsep kelembagaan pendidikan Islam

–          menyebutkan berbagai tanggung jawab pendidikan Islam dan kelembagaan Islam

–          memberikan contoh lembaga pendidikan Islam yang ideal

Tanggung jawab dan kelembagaan pendidikan Islam:

–          intitusi tanggung jawab pendidikan

–          lembaga pendidikan modern dan inovatif

Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Imam Suprayogo, reformulasi visi PI

Azra, pendidikan Islam, tradisi dan modernisasi

Muhaimin, wacana

Abdul munir M. Nalar spiritual

13

Memahami visi pendidikan abad 21 dan dapat mengaitkan visi tersebut dengan ajaran Islam –          menjelaskan visi pendidikan abad 21

–          menjelaskan keterkatian visi abad 21 UNESCO dengan ajaran Islam.

–          Memberikan contoh aplikasi visi abad 21 UNESCO dalam dunia pendidikan

Visi pendidikan abad 21 menurut UNESCO kaitannya dengan ajaran Islam Apersepsi

Presentasi

Uraian singkat

90 menit

Kinerja tertulis

Qodri Azizi, Pendidikan Agama untuk membangun etika sosial,

Azra, pendidikan Islam, dan modernisasi

Muhaminin wacana

Imam suprayogo, reformulasi visi PI

 

Sumber Referensi :

 

Muhmidayeli., Filsafat Pendidikan Islam, Aditya Medya, Yogyakarta, 2005

Muhmidayeli., Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Pas casarjana UIN Suska Riau dan LSFK2P, Pekanbaru, 2007.

John S. Brubacher, Modern Philosophy of Education, Mc.Graw Hill Publishing Company,New York, 1978.

George F. Kneller, Introduction To The Philosophy of Education, John Wiley & Sons, Inc,New York, 1971.

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara,Jakarta, 1992.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam I.

Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam.

Mahmud Yunus, At-Tarbiyah wa Ta’lim.

Al-Syaibany, Omar Muhammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Bulan Bintang,Jakarta, 1979.

`Ali Khalil Abu al-`Ainain, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr al-`Arabiy, 1980

Abdul Rahman Shalih, Educational Theory; A Qur`anic Outlook, Ummul Qura` University, Makkah, 1982.

Rumayulis, Ilmu Pendidikan Islam,

Syahminan, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam.

Uyoh Sadullah, Pengantar Filsafat Pendidikan, Al-Fabeta,Bandung, 2003.

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode, Andi Offset,Yogyakarta, 1990.

Imam Barnadib, Ke Arah Perspektif Baru Pendidikan, Dep. Pendidikan dan Kebudayaan, Direkto0rat Perguruan Tinggi, Jakarta, 1988.

Titus, H. Hornorld, dkk., Persoalan-Persoalan Filsafat, Terj. Rasyidi, Bulan Bintang.

 

 

Ngawi, 20 Pebruari 2011

Dosen Pengampu

 

 

 

Hamam Burhanuddin, S.PdI

N I Y. 0 9 0 5 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: