RSS

SAP MATA KULIAH MATERI PAI MA

30 Sep

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata kuliah                 : MATERI PAI MA

Bobot/Semester           : 2 sks / III

Fakultas                       : Tarbiyah

Jurusan                        : PAI

Dosen Pengampu        : Hamam Burhanuddin, M.Pd.I

Standar Kompetensi:              Mahasiswa memiliki penguasaan materi PAI di MA

Diskripsi Mata Kuliah:           Mata kuliah ini membahas tentang materi PAI di MA yang terdiri dari rumpun PAI yaitu Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, dan SKI dengan menitik beratkan kepada kemampuan mahasiswa untuk memahami secara komprehensif dan menganalisis materi serta membuat atau menyusun desan pembelajarannya.

Urgensi mata kuliah :              Memahami, menghayati dan mendalami beberapa materi yang diajarkan di MA, sekaligus memberikan pemahaman yang

lebih komprehensif dan mendalam tentang materi PAI serta mampu mempraktekkan dalam proses pembelajaran di MA.

 

No Kompetensi Dasar Indikator Materi pokok dan uraian Pengalaman belajar Alokasi waktu Penilaian Sumber
1 Memiliki kedalaman materi PAI MA Mahasiswa membuat rumusan kompetensi dasar materi al-Quran dan Hadis di MA Konsep membuat rumusan kompetensi dasar aplikasi kompetensi dasar al Quran dan hadis MA Mahasiswa merumuskan kompetensi dasar materi al Quran dan Hadis MA melalui mendengarkan, dialog dan diskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GBPP al Qur’an dan Hadis MTs/MA variable pembelajaran, dongeng
2 Memiliki kedalaman materi PAI MA Mahasiswa mampu membuat rumusan hasil belajar materi al Quran dan Hadis MA

Aplikasi rumusan hasil belajar Quran dan hadis MA

Konsep membuat rumusan hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar Quran dan hadis MA

100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GPPP Al Quran dan Hadis MTs/MA

Buku Tajwid Terjemah Al Qur’an Depag, Tafsir al Quran buku ajar buku seplemen.

3 Mahasiswa mampu membuat rumusan indikator hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar al Quran dan Hadis

Konsep membuat rumusan indikator hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar al Quran dan Hadis

100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
4 Mahasiswa faham dan menguasai serta mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’an dan Hadis di MA Konsep/pengertian al Quran dan Hadis MA Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
5 Mampu Menjelaskan fungsi, tujuan pembelajaran al Qur’an dan Hadis MA Tujuan Pembelajaran al Quran dan Hadis MA Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
6 Mampu Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran al Quran dan Hadis MA Ruang lingkup materi al Quran dan Hadis MA isi dan tipe materi al Qur’an dan Hadis Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
7 Mampu menjelaskan isi tipe materi al Quran dan Hadis MA Ruang lingkup materi al Quran dan Hadis MA isi dan tipe materi al Quran dan Hadis Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulisat st
8 Mampu membuat struktur materi al Quran dan Hadis Struktur materi al quran dan hadis MA materi al Quran dan Hadis MA Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
9 Mampu membaca dengan baik dan benar Materi al Quran dan Hadis MA Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
10 Mampu menerjemahkan dengan baik dan benar Mahasiswa membaca, menganalisis, menulis makalah, presentasi berdiskusi 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
Mampu menjelaskan kandungan/makna al Quran dan Hadis
Mampu menjelaskan asbabun nuzul
Mampu menjelaskan dan menghubungkan materi ajar dalam tata kehidupan
11 Mampu membuat rumusan kompetensi dasar materi Fiqih MA Konsep membuat rumusan kompetensi dasar

Aplikasi rumusan kompetensi dasar fiqih

mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GPPP Fiqih MTs/MA

Buku Tajwid Terjemah Al Qur’an Depag, Tafsir al Quran buku ajar buku seplemen.

Mampu membuat rumusan hasil belajar materi Fiqih MA Konsep membuat rumusan hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar Fiqih

Mampu membuat rumusan indikator hasil belajar materi fiqih MA Konsep membuat rumusan indikator hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar fiqih

Mampu menjelaskan konsep fiqih MA Konsep/pengertian Fiqih MA mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
Mampu menjelaskan fungsi, tujuan pembelajaran materi fiqih MA Tujuan pembelajaran fiqih MA
Mampu menjelaskan ruang lingkup pembelajaran fiqih MA Isi dan tipe materi fiqih
Mampu menjelaskan isi dan tipe materi fiqih MA
Mampu membuat struktur materi fiqih MA
Mampu menjelaskan materi ajar fiqih MA
Mampu menyebutkan nash dalil yang berhubungan dengan materi ajar fiqih
Mampu menjelaskan hikmah dan manfaat dalam kehidupan
Mampu menghubungkan materi ajar dengan tata kehidupan

Mampu mengaplikasikan dalam tata kehidupan

Mampu membuat rumusan kompetensi dasar materi aqidah akhlak MA Konsep membuat rumusan kompetensi dasar aplikasi rumusan kompetensi dasar akidah akhlak mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GPPP Akidah Akhlak MTs/MA

Buku Tajwid Terjemah Al Qur’an Depag, Tafsir al Quran buku ajar buku seplemen.

Mampu membuat rumusan hasil belajar materi akidah akhlak MA Konsep membuat rumusan hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar akidah akhlak

Mampu membuat rumusan indikator hasil belajar materi akidah akhlak MA Konsep membuat rumusan indikator hasil belajar

Aplikasi rumusan indikator hasil belajar

Mampu menjelaskan konsep akidah akhlak MA Konsep pengertian akidah akhlak MA mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
Mampu menjelaskan fungsi dan tujuan pembelajaran materi akidah akhlak MA Fungsi dan tujuan materi akidah akhlak MA
Mampu menjelaskan ruang lingkup pembelajaran akidah akhlak MA ruang lingkup pembelajaran akidah akhlak MA isi dan tipe materi akidah akhlak MA
Membuat struktur materi akidah akhlak MA Struktur materi akidah akhlak MA mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
Mampu menjelaskan materi ajar akidah akhlak MA Materi ajar akidah akhlak MA
Mampu menyebutkan nash dalil yang berhubungan dengan materi ajar akidah akhlak MA
Mampu menjelaskan hikmah dan manfaat dalam kehidupan
Mampu menghubungkan akidah akhlak dengan tata kehidupan
Mampu mengaplikasikan dalam tata kehidupan
Mampu membuat rumusan kompetensi dasar SKI MA Konsep membuat rumusan hasil belajar

Aplikasi rumusan hasil belajar SKI

Mahasiswa menjelaskan rumusan kompetensi dasar dilanjutkan dengan tanya jawab selanjutnya dibagi kelompok untuk praktek 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GPPP SKI MTs/MA

Buku Tajwid Terjemah Al Qur’an Depag, Tafsir al Quran buku ajar buku seplemen.

Mampu membuat rumusan hasil belajar materi SKI Konsep membuat rumusan indikator hasil belajar
Mampu membuat rumusan indikator hasil belajar materi SKI MA Aplikasi rumusan indikator hasil belajar SKI
Mampu menjelaskan konsep SKI MA Konsep pengertian SKI fungsi dan tujuan materi SKI mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis
Mampu menjelaskan fungsi dan tujuan pembelajaran materi SKI MA
Mampu menjelaskan ruang lingkup pembelajaran SKI MA
Mampu menjelaskan isi dan tipe materi SKI MA
Mampu membuat struktur materi SKI MA Struktur materi SKI mempresentasikan makalah dan berdiskusi Tanya jawab 100 Menit Performance proyek paper, dan ters tulis Kurikulum dan Hasil Belajar GPPP SKI MTs/MA

Buku Tajwid Terjemah Al Qur’an Depag, Tafsir al Quran buku ajar buku seplemen.

Mampu menjelaskan materi ajar SKI
Mampu menyebutkan dan menunjukkan bukti sejarah
Mampu menjelaskan dan menghubungkan dalam ilmu dan teknologi
Mampu mengaplikasikan dalam tata kehidupan

Daftar Bacaan :

  1. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
  2. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
  4. Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
  5. E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
  6. Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
  7. Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
  8. Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
  9. E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.
  10. Burhan Nurgiantoro, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta, BPFE, 1988.
  11. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan atau Departemen Agama RI, Kurikulum-kurikulum yang sedang diterapkan dan dikembangkan di sekolah/madrasah, (SMA/MA).
  12. T. Reka Joni, I.G.A.K. Wardani, Pengembangan Paket Belajar, Jakarta, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, 1984.
  13. Text Book Pendidikan Agama Islam SMA/MA.
  14. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA/MA.
  15. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.
  16. Abdul Gofur, Desain Instruksional suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar KBN, 1989.
  17. Arip Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali, 1990.

Metode

  1. Pertemuan pertama metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dosen memberikan orientasi, motivasi dan aturan-aturan perkuliahan.
  2. Pertemuan kedua dan seterusnya, pendekatan yang digunakan adalah diskusi dengan menggunakan makalah, dosen membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik yang telah ditentukan dalam silabus.

Penilaian

  1. Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan

Partisipasi aktif kegiatan dalam kelas                        15 %

  1. Pembuatan tugas mandiri dan kelompok     20 %
  2. Ujian Mid Semester dan                            30 %
  3. Ujian Semester                                         35 %

100 %

Ngawi, 3 September 2014

Dosen Pengampu

Hamam Burhanuddin, M.Pd.I

NIDN. 2109028601

DOWNLOAD PRESENTASI MAKALAH MAHASISWA MATA KULIAH MATERI PAI MA DAFTAR MAHASISWA PRESENTASI MAKALAH MATERI PAI MA

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 30, 2014 in Pendidikan, Silabus

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: