RSS

Saatnya Mencari Sumber Energi Baru Selain BBM

28 Mar

Perdebatan mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak menjadi pro dan kontra, terlepas dari sepakat dan tidak sepakatnya kenaikan tersebut, yang jelas BBM terutama premium sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia, yang menjadi pertanyaan adalah apakah tidak ada sumber energi lain yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai pengganti BBM? Jawabanya jelas ada solusi alternatifnya.

seperti yang dilansir oleh Kompas (14/3/12), Semakin menipisnya minyak bumi, memacu berbagai kalangan untuk mencari bahan bakar alternatif. Terdapat 10 bahan bakar alternatif yang diperkirakan cepat atau lambat dapat menggantikan minyak.

Seperti Hidrogen Eenergi kimia yang diubah menjadi listrik dan cocok digunakan untuk mobil listrik. Sekarang sedang dalam tahap pengembangan, khususnya infrastruktur untuk pengisian sel bahan bakar tersebut ke kendaraan agar bisa dilakukan juga secara konvensional. Dengan gencarnya pengembangan dan produksi mobil listrik, penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif juga semakin besar.

Kedua Biodiesel dihasilkan dari minyak nabati atau lemak hewan. Bahan bakar ini dinilai cukup efektif dengan emisi karbondioksida yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar konvensional. Masalahnya, karena dibuat dari tumbuhan atau hewan, bisa mengganggu ketersediaan makanan bagi manusia.

Ketiga Air Sejauh ini air sebagai bahan bakar masih hipotesis dan dalam penelitian lanjut. Air merupakan energi yang memang tidak secara langsung bisa dipakai tanpa bantuan proses lain. Pasalnya, air merupakan oksidasi  dari hidrogen. Untuk itu harus dikembangkan  teknologi untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan digunakan sebagai energi.

Keempat Urine Jika ini terjadi kita tidak perlu pusing lagi mencari WC umum ketika melakukan perjalanan. Menurut Dr. Gerardine Botte dari Asosiasi Profesor Departemen Tehnik Mesin Kimia dan Biomolekuler di Universitas Ohio, di dalam molekul urea (urine) terdapat  empat atom hidrogen jika dibandingkan air biasa yang hanya mengandung dua atom hidrogen. Lalu molekul tersebut dipisahkan melalui oksidasi dengan basis elektroda nikel pada 0.37 V sehingga  hidrogen tersebut akan terpecah.

Nah ini bisa dijadikan sebagai solusi alternatif pengganti bahan bakar minyak terutama premium, kalau saja urin ini dikembangkan, toh manusia gak perlu capek-capek antri di SPBU untuk membeli bahan bakar minyak premium maupun solar, kan bisa dihasilkan dari produksinya sendiri yang jelas akan menghasilkan bahan bakar yang murah meriah, gak perlu pusing berdemo sana-sini menuntut penurunan harga BBM.

Kelima Etanol, disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolut, atau alkohol saja dan merupakan cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan sudah biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Etanol diproduksi dari tanaman, merupakan bahan bakar yang paling sedikit menghasilkan emisi. Beberapa bahan bakar yang dicampur dengan etanol yang terkenal adalah  gasohol E10 yang terdiri dari 90 persen bensin dan 10 persen etanol. Di beberapa negara sudah menggunakan E85 yaitu 85 persen etanol dan 15 persen  bensin.

Keenam Nitrogen Cair Nitrogen cair adalah salah satu yang disiapkan untuk kendaraan masa depan. Proses pembuatannya, nitrogen cair dipanaskan, ekstrak panas menghasilkan tekanan udara dan digunakan untuk menggerakkan  piston atau mesin sehingga bisa berputar.

Ketujuh Tekanan Udara Selain tekanan udara yang dihasilkan oleh nitrogen cair, secara sederhana kompresi udara juga bisa digunakan sebagai sumber daya mobil. Penggunaan uda yang dikompresi tidak memerlukan busi dan sistem pendingin. Dengan demikian dapat mengurangi biaya produksi dan perawatan kendaraan. Proyek mesin dengan tekanan udara ini pertama dikembangkan oleh Tata Motors dari India  bekerja sama dengan perusahaan Perancis, MDI.

Kedelapan Gas Alam CNG (Compressed Natural Gas) atau gas alam dan di Indonesia lebih dikenal dengan BBG )bahan bakar gas). Polusi yang ditimbulkan lebih rendah dibandingkan bensin dan diesel. Kaerna lebih ringan  dari oksigen, polusi yang ditimbulkan juga sangat rendah. Masalahnya, untuk menyimpannya diperlukan tekanan yang sangat tinggi. Akibatnya, harus menggunakan tabung atau tangki yang kuat dan berat.

Kesembilan Liquefied Petroleum Gas (LPG) Bahan bakar ini sudah umum digunakan oleh rumah tangga di Indonesia dan dikenal dengan sebutan elpiji. Karena terdiri dari campuran hidrokarbon yang mudah terbakar (kalu ada sumber api), penggunaannya transportasi umum sudah banyak. Dibandingkan dengan BBG, penyimpanan elpiji membutuhkan tekanan jauh lebih rendah.

Kesepuluh Sampah Organis Sampah organis diproses menjadi bahan bakar cair yang disebut dengan gasifikasi dan disebutn juga gas sintesis. Gas ini  dicampur dengan etanol sehingga proses pembakaran lebih mudah. Dalam skala kecil, beberapa negara telah memanfaatkan gas ini sebagai  bahan bakar kendaraan bermotor.

Itulah beberapa solusi alternatif yang perlu diteliti lebih lanjut, sudah saatnya pemerintah mengembangkan beberapa sumber energi selain BBM, yang pasti menciptakan sumber energi yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan, kalau hanya mengandalkan Minyak Bumi siap-siap saja untuk kehabisan. Saatnya menuju perubahan yang lebih baik menuju Indonesia yang sejahtera, semoga.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 28, 2012 in Opini

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: