RSS

Sejarah Pendidikan Islam

SILABUS

 

 

Program Studi                       : Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)

Kode Mata Kuliah                : -

Nama Mata Kuliah               : Sejarah Pendidikan Islam

Jumlah SKS                           : 2

Semester                                 : III

 

 

I.       Deskripsi Mata Kuliah

 

Sejarah Pendidikan Islam membahas perkembangan Islam pada umumnya dan sekaligus pendidikan Islam sebagai proses pentransferan materi dan nilai-nilai ajaran Islam. Proses pentransferan yang selalu berkembang sebagai hasil interaksi para ulama dan cendekiawan dari pengaruh kerajaan di Indonesia, budaya bangsa Timur Tengah dan Eropa. Pengaruh-pengaruh tersebut memberi warna terhadap bentuk, sistem, muatan materi, ciri dan dinamika pendidikan di Indonesia termasuk di dalamnya pendidikan Islam. Dinamika pendidikan Islam dari masa kemasa mempunyai ciri yang unik, diantaranya berkembang dari surau maupun langgar, sorogan dan klasikal, sekolah dan madrasah, pondok / pesantren ada sekolahnya atau sekolah perlu ada pondok pesantren ’kilatnya’ sampai dengan sekolah-sekolah Islam modern maupun terpadu.

Mata kuliah ini memberikan pemahanan kepada mahasiswa tentang sejarah pendidikan Islam menambah wawasan serta dapat mengambil contoh dari para pendahulu atas perjuangannya dan dapat meningkatkan eksistensi pendidikan Islam di masa datang.

 

II.    Standar Kompetensi

  1. Memahami pengertian, tujuan dan kegunaan mempelajari Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia.
  2. Memahami bentuk, tujuan, materi dan pengelolaan pendidikan Islam sebelum kemerdekaan RI.
  3. Memahami bentuk, materi, pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia.
  4. Memahami bentuk, sifat, materi pendidikan yang dikelola Lembaga Keagamaan Islam / Ormas Islam
  5. Memahami bentuk, sifat, tujuan pendidikan Islam setelah kemerdekaan RI.
  6. Memahami bentuk, sifat, materi dan tujuan pendidikan Islam pada masa Orde Baru
  7. Memahami dinamika perkembangan pendidikan Islam modern.

 

III. Materi Pokok

  1. Pengertian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
  1. Menjelaskan Pengertian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
  2. Identifikasi obyek kajian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
  3. Identifikasi manfaat Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
  4. Masa Kerajaan Islam
  5. Masa Penjajahan Hindia Belanda
  6. Masa Penjajahan Jepang
  7. Masa kemerdekaan
  8. Sistem pendidikan pada surau/langgar
  9. Sistem pendidikan pondok pesantren
  10. Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia, bentuk isi dan sifatnya
  11. Beberapa kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia
  12. Masa kejayaan dan kemunduran kerajaan  Islam di Indonesia
    1. Macam-macam Organisasi keagamaan sebagai penyelenggara pendidikan.
    2. Ciri-ciri, bentuk dan sifat pendidikan
    3. Ciri-ciri pendidikan Islam pada masa Hindia Belanda
    4. Pengaruh penjajahan Belanda terhadap perjalanan pendidikan Islam (bentuk, isi, dan sifatnya)
    5. Ciri-ciri pendidikan Islam pada masa penjajahan Jepang
    6. Pengaruh penjajahan Jepang terhadap perjalanan pendidikan Islam (bentuk, isi, dan sifatnya)
    7. Pendidikan Islam pada masa Orde Lama (ciri, bentuk, peran pemerintah)
    8. Ciri-ciri, bentuk pendidikan pada masa Orde Lama
    9. Peran pemerintah orde lama dalam mengembangkan pendidikan Islam
    10. Pendidikan Islam pada masa Orde Baru (ciri, bentuk, peran pemerintah)
    11. Ciri-ciri, bentuk pendidikan pada masa Orde Baru
    12. Peran pemerintah orde baru dalam mengembangkan pendidikan Islam
    13. Bentuk pendidikan Islam pada masa Modern
    14. Menjelaskan isi pendidikan pada masa Modern
  1. Periodisasi sejarah pendidikan Islam di Indonesia
  1. Sistem Pendidikan Islam pada Langgar dan Pondok Pesantren
  1. Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia
  1. Organisasi keagamaan sebagai penyelenggara pendidikan
  1. Sistem pendidikan islam pada masa Organisasi keagamaan
    1. Perserikatan Ulama,
    2. Muhammadiyah,
    3. Nahdhotul Ulama,
    4. Al Irsyad, perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di  Indonesia
  2. Sistem pendidikan islam pada masa Organisasi keagamaan Jamiatul al-Khairiyah, Persis (Persatuan Islam), Jamiatul Washilah perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia
  3. Pendidikan Islam di Indonesia pada masa Hindia Belanda
  1. Pendidikan Islam di Indonesia atas penjajahan Jepang
  1. Pendidikan Islam pada masa Orde Lama
  1. Pendidikan Islam pada masa Orde Baru
  1. Memahami dinamika pendidikan Islam di era Modernitas

 

Referensi :

Abdurrahman Mas’ud, Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: IAIN Walisongo dan Pustaka Pelajar 2002).

Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004,

Amin Haedari, Masa Depan Pesantren (Jakarta: IRD Press, 2005).

Arbiyah Lubis, Pemikiran Muhammadiyah dan Muh. Abduh, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Azumardi Azra, Islam Reformis, Dinamika Intelektual dan Gerakan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet. I, 1999.

                                 , ”Surau di Tengah Krisis: Pesantren dalam Perspektif Masyarakat”,dalam Pergulatan Dunia Pesantern: Membangun dari Bawah (Jakarta: P3M, 1985).

Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES, 1973.

Dr. Syamsul Nizar, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, (Potret Timur Tengah Era Awal dan Indonesia), Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Drs. H. Danasuparti Djumhur, Sejarah Pendidikan, Bandung: CV Ilmu, 1974.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah, (Jakarta: KP3ES, 1986).

M. Amin Haedari, Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global (Jakarta: IRD Press, 2004)

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1994).

Prof. Dr. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta Pusat, Mutiara Sumber Widya, 1995.

Suwendi, Sejarah & Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.

Winarna Surahmad, Reformasi Pendidikan Muhammadiyah Suatu Keniscayaan, Yogyakarta: Pustaka SM, 2003.

Yasmadi, Modernisasi Pesantren, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1982).

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

 

Sistem Perkuliahan

1.      Ceramah

Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2.      Presentasi

Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah.

3.      Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)

 

Sistem Evaluasi
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:

  1. Kehadiran 15%
  2. Tugas Kelompok dan keaktifan  dalam kelas 20%
  3. Ujian Tengah Semester 30%
  4. Ujian Akhir Semester 35%

 

 

Ngawi, 20 September 2011

Dosen Pengampu

Hamam Burhanuddin, S.PdI

NIY. 0 9 0 5 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: